7 Tips Sukses buat Anda yang Ingin Buka Usaha Food Truck

Suara.com – Menjual aneka makanan dari sebuah mobil atau yang dikenal dengan sebutan food truck bukan hal baru lagi di dunia bisnis, khususnya di negara-negara barat. Gaya berjualan menggunakan mobil sebagai wadah untuk mengolah makanan ini terbilang unik, sehingga menarik minat beberapa para pebisnis kuliner untuk mencoba usaha yang sama di Indonesia.

Maka, tak heran jika bisnis food truck di Indonesia mulai berkembang beberapa tahun terakhir. Mekanisme usaha ini pun cukup sederhana, efisien dan efektif. Apabila tertarik untuk terjun di bisnis food truck, ada beberapa tips sukses yang perlu diperhatikan agar perjalanan bisnis Anda sesuai harapan.

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut tips sukses yang bisa Anda terapkan jika ingin membuka usaha food truck:

1. Memiliki Kendaraan untuk Dijadikan Tempat Berjualan

Karena basis usahanya adalah food truck, mau tidak mau Anda harus punya truk untuk dijadikan tempat berjualan. Beruntunglah jika sudah punya truk. Dengan sedikit modifikasi, maka truk kesayangan pun bisa disulap menjadi food truck yang sangat menarik.

Tapi, bagaimana jika ternyata belum belum punya truk? Untuk masalah yang satu ini, Anda juga tak perlu bingung. Silakan cari referensi truk yang bagus sesuai dengan bujet. Jangan ragu untuk melirik truk bekas demi menghemat pengeluaran.

2. Mengurus Lisensi atau Surat Perizinan Dagang

Bisnis food truck masih sedikit langka di Tanah Air. Supaya berjualan selalu aman, Anda perlu mengurus lisensi atau surat perizinan tepat di lokasi yang akan dijadikan lapak berjualan.

Tentu, mengurus lisensi bisnis ini lebih mudah jika dibandingkan dengan mengurus lisensi restoran. Cukup dengan meminta persetujuan RT/RW setempat, maka bisnis food truck pun siap meluncur ke berbagai area.

3. Membuat Konsep Truk Semenarik Mungkin

Anda perlu merancang konsep food truck semenarik mungkin, terutama tata letak seluruh perkakas untuk berjualan. Mulai dari peralatan memasak, perlengkapan makan, hingga tempat sampah sekali pun. Letakkan semuanya di tempat yang tepat supaya lebih mudah dijangkau.

Jika kekurangan ide dalam membuat konsep, carilah beberapa referensi di media sosial seperti Pinterest atau Tumblr. Berbagai macam kreasi food truck bisa ditemukan dengan sangat mudah di sana. Kalau tidak mau repot, Anda bisa menyewa jasa food truck designer untuk membuat konsep truk yang bagus dan pastinya strategis dari segi tata letak barang.

4. Menentukan Menu yang Sesuai dengan Lidah Konsumen

Dalam berbisnis kuliner, menentukan menu yang dijual menjadi wajib hukumnya. Sebelum usaha food truck berjalan, tentukan siapa pangsa pasar yang dituju, untuk mempermudah memilih aneka menu yang ditawarkan kepada konsumen.

Jenis menu yang dijual di food truck biasanya aneka snack, ice cream, ataupun makanan cepat saji lainnya. Sebab, menu jenis ini sangat mudah diolah dengan alat-alat yang terbatas. Selain itu, harganya juga sangat terjangkau untuk semua kalangan masyarakat.

5. Mencari Pemasok Bahan Mentah yang Terpercaya

Jika ingin menjual aneka makanan, carilah pemasok makanan yang terpercaya untuk mendukung perjalanan bisnis. Pemasok tersebut harus mampu memenuhi jumlah bahan baku yang dibutuhkan. Selain itu, bahan yang dijual juga harus berkualitas, agar cita rasa makanan yang dihasilkan juga berkualitas alias enak.

Dalam mencari pemasok, jangan fokus pada satu pemasok saja. Tapi, carilah beberapa pemasok, lalu bandingkan kualitas dan harga yang ditawarkan. Pilih salah satu yang terbaik untuk dijadikan pemasok utama dan pemasok cadangan. Jika suatu saat bahan di pemasok utama habis, setidaknya masih ada pemasok cadangan yang bisa dihubungi untuk menyediakan bahan makanan yang dibutuhkan.

6. Mempromosikan Usaha

Sukses tidaknya dunia bisnis berkaitan erat dengan teknologi. Manfaatkan teknologi untuk mempromosikan usaha food truck yang dimiliki, baik promosi melalui media cetak, iklan, maupun media sosial. Kalau perlu, bergabunglah dengan komunitas food truck dari daerah lain untuk berbagi informasi satu sama lain.

Jika suatu saat daerah yang satu menyelenggarakan festival food truck, setidaknya Anda bisa bergabung untuk mencari sesuap nasi di sana. Dengan demikian, Anda bisa menambah keuntungan, bisa juga sekaligus promosi.

7. Berjualan di Lokasi yang Strategis

Karena metode berjualannya di atas truk, Anda bisa berjualan di mana pun tanpa terikat ruang. Oleh sebab itu, pilihlah daerah yang letaknya strategis dan ramai dikunjungi. Karena hanya di daerah seperti ini usaha food truck milik Anda bisa berkembang dari waktu ke waktu.

Berbisnislah Lebih Kreatif di Era Modern

Apabila Anda ingin jadi pengusaha sukses, cobalah untuk berpikir out of the box, dan luncurkan satu konsep bisnis yang benar-benar unik. Salah satunya yaitu usaha food truck. Selain lebih praktis dan efisien dari segi manajemen, modal yang dibutuhkan juga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan usaha rumah makan atau restoran.

sumber : https://www.suara.com/bisnis/2018/09/13/211602/7-tips-sukses-buat-anda-yang-ingin-buka-usaha-food-truck

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest
Share on google

Portfolio Kami yang lain